Rakor lintas sektoral rangka pengamanan ops lilin Semeru 2022 di wilayah kabupaten Tulungagung.

 


TULUNGAGUNG - Antisipasi pergerakan masyarkat yang akan melaksanakan mudik libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, pemerintah bersiap melakukan pengendalian mobilitas masyarakat dengan tetap menjaga protokol kesehatan untuk mencegah terjadinya lonjakan kasus Covid 19. Selasa 20/12/2022


Hal tersebut mengemuka dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Lintas Sektoral dalam rangka pengamanan operasi lilin Semeru 2022 di wilayah kabupaten Tulungagung.


Kegiatan rakor lintas sektoral dalam rangka pengamanan ops lilin Semeru 2022 berlangsung di ruang SAR polres Tulungagung Polda Jatim.


Kapolres Tulungagung AKBP Eko Hartanto Sik Mh yang diwakili oleh Kabagops KOMPOL Supriyanto Sh  mengatakan bahwa kegiatan rakor lintas sektoral ini dilaksanakan dalam rangka  untuk menyamakan persepsi dan koordinasi serta kesiapan  lintas sektoral di Kabupaten Tulungagung dalam menghadapi   Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.  

 


Perlu di Ketahui bahwa dalam rangka menghadapi perayaan Natal tahun 2022 dan peringatan tahun baru 2023 Polres Tulungagung akan mendirikan 5 ( Empat ) Pospam dan 2 Posyan dan 1 pos pantau yang tersebar di tempat Ibadah maupun pusat keramaian lainya termasuk lokasi wisata.


Adapun lokasi pospam adalah Pospam  Ngantru, pospam Gor lembunpeteng, pospam Bandung, pospam Besuki dan pospam jembatan ngujang 2.


Sedangkan untuk Posyan akan ditempatkan di Stasiun kereta api Tulungagung dan terminal bus Gayatri Tulungagung serta 1 Pos Pantau di Gereja Santamaria Tulungagung 



Kegiatan operasi lilin Semeru  akan berlangsung selama 11 hari dari tanggal 22 Desember 2022 sampai dengan 03 Januari 2023.


Masih menurut Kabagops nantinya di pospam Gor lembunpeteng juga akan disiapkan gerai Vaksin kusus boster


Sementara itu Kepala Dinkes Kabupaten Tulungagung yang diwakili oleh dr Aris Mengatakan bahwa  dalam pelaksanaan pospam akan disiapkan gerai Vaksin Boster di 2 Posyan yaitu Posyan Stasiun dan Posyan Terminal temasuk tenaga kesehatan kusus yang akan ditempatkan di pospam Ngantru



Dengan perkuatan personil sebanyak 428 terdiri dari TNI 42 Polri 254 Personil  Dishub 33 personil, satpol PP 18 personil  dan tenaga medis sebanyak 21, Kemenhub 6 personil, Senkom 15 personil, KAI 6 personil, Rapi 15 personil, pramuka 18 personil.


Hadir dalam kegiatan Rakor Lintas Sektoral  yang bertempat di ruang SAR Polres Tulungagung antara lain Kapolres Tulungagung AKBP Eko Hartanto, Sik, Mh, yang diwakili oleh Kabagops KOMPOL Supriyanto SH Pasiops Kodim 0807 Tulungagung  Kepala Dinas Instansi Terkait, Pju Polres dan Kapolsek Jajaran, ketua Bamag dan bksgt serta perwakilan tokoh perguruan silat .(Ans71 Restu)