Pimpin Apel gabungan pengamanan muspimnas PMII, Kapolres Tulungagung tekankan kesiap siagaan dan kewaspadaan

 



TULUNGAGUNG – Personil  Polri-TNI, satpol PP dan dishub melaksanakan Apel Siaga dalam rangka  pengamanan muspimnas PMII tahun 2022, bertempat di universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Tulungagung.


Kegiatan diawali dengan pembacaan Asmaul Husna dan arahan kepada personil yang langsung dipimpin Kapolres Tulungagung AKBP Eko Hartanto, SIK., MH. Bertempat di UINSATU  kabupaten Tulungagung, Kamis (17/11/2022)


Kapolres Tulungagung AKBP Eko Hartanto mengatakan, bahwa apel siaga ini digelar untuk mengecek kesiapan personil dan memberikan arahan kepada seluruh personel dalam pelaksanaan tugasnya.


“Adapun tujuan
apel pengamanan  pada saat ini adalah untuk mengecek kesiapsiagaan anggota dan kekuatan personil dalam pelaksanaan pengamanan muspimnas PMII tahun 2022 serta dalam rangkaian kegiatan hari jadi kabupaten Tulungagung”, ujar Kapolres


Dalam pelaksanaan kegiatan, Kapolres meminta kepada personil untuk melaksanakan tugasnya dengan sungguh sungguh dan penuh rasa tanggung jawab, jadikanlah kegiatan pengamanan ini sebagai ibadah.


“Harapannya dengan kesiap siagaan kita bersama minimal untuk meminimalisir gangguan kamtibmas sekecil apapun. Serta meminimalkan aksi gangguan kamtibmas yang mungkin terjadi


Selain itu Kapolres Tulungagung Akbp Eko Hartanto Sik Mh juga menekankan kepada  seluruh personil yang terlibat pengamanan diantaranya


1. Melaksanakan deteksi dini terhadap seluruh  kerawanan kegiatan Muspimnas agar tidak menjadi gangguan kamtibmas.


2. Jaga stamina dan kesehatan mental   beserta fisik, selama pengamanan, niatkan setiap pelaksanaan tugas adalah sebagai ibadah kepada tuhan yang maha esa.


3. Laks tugas dengan penuh keiklasan sungguh sungguh  dan penuh tanggung jawab.


4. Laks tugas di lapangan sesuai SOP yg berlaku dan tetap humanis serta tegas terhadap pelanggaran yang terjadi


5. Saling  Kerjasama, sinergi dan dengan semua pihak keamanan lainnya 


6. Melaporkan dengan segera secara berjenjang kepada pimpinan


7. Tetap waspada terhadap kemungkinan terjadinya aksi kriminalitas, teror dan gaguan kamtibmas lainya, yang memanfaatkan momentum ini hanya untuk kepentingan pribadi atau golongan dengan cara melanggar hukum dan melanggar peraturan.


8. Tetap menjaga keselamatan diri masing masing saat bertugas dan saling mengingatkan dan tetap jaga protokol kesehatan.


Selain itu kegiatan  muspimnas PMII akan dihadiri oleh pengurus PMII seluruh Indonesia, serta tamu dan pejabat penting lainya.


Petugas yang terlibat pengamanan agar mengantisipasi terhadap adanya  dari peserta muspimnas yg tidak setuju dengan hasil muspimnas


“Jalani dengan penuh ikhlas, dan laksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab demi terciptanya situasi yang kondusif di wilayah Kabupaten Tulungagung”, pungkas AKBP Hartanto. 


Sementara itu Kabagops polres Tulungagung Kompol Supriyanto SH mengatakan kegiatan pengamanan ini melibatkan sekitar 1.250 personil terdiri dari TNI, Brimob, personil polres jajaran rayon IV, dishub dan Satpol PP, serta pengamanan dari internal.


Hadir dalam pelaksanaan kegiatan Apel pengamanan Muspimnas PMII tahun 2022 antara lain Kapolres Tulungagung Akbp Eko Hartanto Sik Mh, bupati Tulungagung Drs H Maryoto Birowo Mm, ketua DPRD kabupaten Tulungagung Sumarsono, Dandim 0807 Tulungagung letkol czi nooris Agus rinanto Sip, Kajari Tulungagung, Ketu pengadilan negeri Tulungagung, Waka polres Tulungagung Kompol Dodik tri hendro Siswoyo SH Sik Mik, PJU polres Tulungagung dan para Kapolsek jajaran serta anggota peserta pengamanan. (Ans71 Restu)