Kapolres Tulungagung, menghadiri Apel peringatan hari Santri tahun 2022 bertempat di Halaman Pemkab Tulungagung

 



TULUNGAGUNG – Kapolres Tulungagung Akbp Eko Hartanto, Sik, Mh  Bersama Forkopimda Kabupaten Tulungagung   menghadiri Apel  Hari Santri Nasional tahun 2022. Pada Minggu 23 Oktober 2022   


Bertempat di halaman Pmerintah Kabupaten Tulungagung, Bupati Tulungagung Drs. H Maryoto Birowo Mm bertindak sebagai pimpinan apel  yang diikuti juga oleh Forkopimda kabupaten Tulungagung,  kepala Skpd Pemerintah kabupaten Tulungagung, tokoh agama dan tokoh masyarakat se Kabupaten Tulungagung.


Dalam kegiatan apel  hari santri tahun 2022 bupati Tulungagung membacakan amanat dari Menteri Agama  Republik Indonesia bahawa Presiden Joko Widodo melalui Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015 telah menetapkan tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri. Penetapan 22 Oktober merujuk pada tercetusnya "Resolusi Jihad" yang berisi fatwa kewajiban berjihad demi mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Resolusi Jihad ini kemudian melahirkan peristiwa heroik tanggal. 10 Nopember 1945 yang kita peringati sebagai Hari Pahlawan.



Sejak ditetapkan pada tahun 2015, kita pada setiap tahunnya selalu rutin menyelenggarakan peringatan Hari Santri dengan tema yang berbeda. Untuk tahun 2022 ini, peringatan Hari Santri mengangkat tema Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan.


Maksud tema Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan adalah bahwa santri dalam kesejarahannya selalu terlibat aktif dalam setiap fase perjalanan Indonesia. Ketika Indonesia memanggil, santri tidak pernah mengatakan tidak. Santri dengan berbagai latar belakangnya siap sedia mendarmabaktikan hidupnya untuk bangsa dan negara.


Peringatan Hari Santri bukanlah milik santri semata, hari santri adalah milik kita semua, milik semua komponen bangsa yang mencintai tanah air, milik mereka yang memiliki keteguhan dalam menjunjung nilai-nilai kebangsaan. Karena itu, saya mengajak semua masyarakat Indonesia, apapun latar belakangnya, untuk turut serta ikut merayakan Hari Santri. Merayakan dengan cara napak tilas perjuangan santri menjaga martabat kemanusiaan untuk Indonesia.



Melalui momen Upacara Peringatan Hari Santri Tahun 2022 ini, mari kita bersama-sama mendoakan para pahlawan terutama dari kalangan ulama, kiai, santri yang telah syahid di medan perang demi kemaslahatan bangsa dan agama. Semoga arwah para pahlawan bangsa ditempatkan yang terbaik di sisi Allah subhanahu wa ta'ala. Amin.

 Rangkaiah hari Santri Nasional tahun 2022 yang berlangsung di halaman Pemerintah Kabupaten Tulungagung atas kerjasama antara PCNU dengan Pemkab Tulungagung.


Hadir dalam Apel  peringatan hari Santri Nasional tahun 2022 di Halaman Pemkab Tulungagung antara lain Kapolres Tulungagung AKBP EKO HARTANTO,S.H., S.I.K., M.H., Bupati Tulungagung Drs. H. Maryoto Birowo, M.M., Ketua DPRD Tulungagung, MARSONO, S.Sos, Komandan Kodim 0807/Tulungagung Letkol Czi Nooris Agus Rianto, S.I.P, Kepala Kejaksaan Tulungagung Ahmad Muchlis, S.H., M.H., Kepala Pengadilan Tulungagung Ricky Ferdinand, S.H., Wakil Bupati Tulungagung Gatut Sunu Sibowo, S.E., Sekda Tulungagung Drs. Sukaji, M.Si, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tulungagung, Dr. Muhajir, S.Pd, M.Ag, Ketua MUI Tulungagung KH. Hadi Muhammad Mahfudz,  Ketua IPHI Kabupaten Tulungagung H. Fuad Syaiful Anam, M. Pd,  Ketua Tanfidziyah PCNU Tulungagung KH. Abdul Hakim Mustofa,  Ketua TP PKK beserta Staf,  Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat, 1 SST Polres, Kodim, Senkom, Banser, GP Ansor, PSNU Pagar Nusa dan Santri. (Ans71 Restu)