Polsek Ngunut Polres Tulungagung Kawal Vaksinasi ODGJ secara Mobile

Polsek Ngunut Polres Tulungagung Kawal Vaksinasi ODGJ secara Mobile

TULUNGAGUNG - Personel Polres Tulungagung memberikan pendampingan khusus pada pemberian vaksin covid 19 kepada ODGJ (Orang Dengan Gangguan Jiwa). 

Polsek Ngunut Polres Tulungagung bekerjasama dengan UPT Puskesmas Ngunut Kabupaten Tulungagung secara Mobile menyasar vaksinasi ODGJ, Kamis (05/08/2021).

Kapolsek Ngunut Kompol Ernawan S.H.mengungkapkan hari ini ada 5 (lima) ODGJ di Desa Purworejo, Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung dilakukan vaksinasi tahap dua dengan cara mobile mendatangi satu persatu rumah ODGJ.

“Satu tim gabungan terdiri dari tenaga kesehatan, Bhabinkamtibmas, Babinsa dan Perangkat Desa setempat dikerahkan untuk mendatangi satu per satu rumah ODGJ serta melakukan pendekatan ke keluarga dan peserta vaksin", ungkap Kapolsek

Tidak dipungkiri, vaksinasi ini membutuhkan keahlian khusus, petugas pun banyak menemui kesulitan karena yang dihadapi adalah orang dengan gangguan kejiwaan. 

“Sasaran ODGJ yang akan divaksin sejumlah 5 orang untuk wilayah Desa Purworejo, Kecamatan Ngunut dan telah memenuhi syarat dilakukan vaksinasi.

Kompol Ernawan menegaskan kegiatan pengamanan dan pengawalan vaksinasi pada ODGJ merupakan dukungan Polri pada pemerintah dalam mendistribusikan vaksin kepada masyarakat dari berbagai kalangan.

Selanjutnya, Kapolsek mengingatkan masyarakat untuk selalu memperhatikan kesehatan diri saat beraktivitas, dengan selalu menerapkan protokol kesehatan 5 M, yakni, memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan dan mengurangi mobilitas, Pungkas Kompol Ernawan (NN95)