Kapolres Tulungagung bersama Forkopimda menghadiri acara upacar hari Pendidikan Nasional

 



TULUNGAGUNG – Kapolres Tulungagung Polda Jatim AKBP Eko Hartanto, SIK, MH bersama Forkopimda Kabupateng Tulungagung menghadiri upacara hari Pendidikan nasional tahun 2023   yang diperingati setiap tahun yang bertepatan dengan hari lahir Bapak Pendidikan Indonesia, Ki Hajar Dewantara.


Kegiatan upacara hari Pendidikan Nasional di Kabupaten Tulunaggung dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 2 Mei 2023 bertempat di Halaman Pemkab Tulungagung.


Bupati Tulungagung Drs H Maryoto Birowo MM yang memimpin jalanya upacara Hari Pendidikan Nasional tahun 2023 membacakan amanat Mendikbudristek Republik Indonesia


Sellama tiga tahun terakhir, perubahan besar terjadi di sekitar kita, di mana-mana, dari ujung barat sampai ujung timur indonesia.


Sebanyak 24 episode merdeka belajar yang diluncurkan membawa kita semakin dekat dengan cita-cita luhur ki hadjar dewantara, yaitu pendidikan yang menuntut bakat, minat dan potensi peserta didik agar mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya sebagai seorang manusia dan sebagai anggota masyarakat.


Anak-anak kita sekarang bisa belajar dengan lebih tenang karena aktivitas pembelajaran mereka dinilai secara lebih holistik oleh gurunya sendiri. 


Para kepala sekolah dan kepala daerah yang dulu kesulitan memonitor kualitas pendidikannya sekarang dapat menggunakan data asesmen nasional di  platform rapor pendidikan untuk melakukan perbaikan kualitas layanan pendidikan.


Para guru sekarang berlomba-lomba untuk berbagi dan berkarya dengan hadirya platform merdeka mengajar. selain itu, guru-guru yang dulunya diikat berbagai aturan yang kaku sekarang lebih bebas berinovasi di kelas dengan hadirnya kurikulum merdeka.


Sejalan dengan kurikulum merdeka yang menekankan pembelajaran mendalam untuk mengembangkan karakter dan kompetensi. seleksi masuk perguruan tinggi negeri pun sekarang fokus pada mengukur kemampuan literasi dan bernalar.


Pada jenjang perguruan tinggi, adik-adik mahasiswa yang dulu hanya belajar teori di dalam kelas sekarang bisa melanglang buana mencari pengetahuan dan pengalaman di luar kampus dengan hadirnya program-program kampus merdeka.


Dari segi pendanaan, pencairan langsung dana bantuan operasional sekolah (BOS) dan bantuan operasional pendidikan (BOP) ke sekolah dan pemanfaatanya yang lebih fleksibel telah memberikan keleluasaan bagi sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.


Dengan perluasan program beasiswa, kesempatan utuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi  sekarang jauh lebih terbuka. dukungan dana pendanaan untuk mendanai riset juga telah melahirkan begitu banyak inovasi yang bermula dari kolaborasi.


Hari pendidikan nasional tahun ini adalah waktu yang tepat bagi kita semua untuk merefleksikan kembali setiap tantangan yang sudah dihadapi, juga setiap jengkal langkah berani yang sudah diambil.


Dengan merefleksikan hal-hal yang telah kita lakukan sepanjang tiga tahun terakhir, kita dapat merancang arah perjalanan kita kedepan guna memastikan keberlangsungan dan keberlanjutan gerakan merdeka belajar.


Pada kesempatan upacara peringatan hari Pendidikan Nasional kali ini juga diperingari hari Kartini dan hari otonomi daerah.


Hadir dalam kegiatan tersebut Kapolres Tulungagung AKBP Eko Hartanto SIK MH, bupati Tulungagung Drs H Maryoto Birowo Mm, Dandim 0807 Tulungagung LETKOL CZI Nooris Agus rinanto Sip, ketua DPRD, Ketua pengadilan negeri, kepala kejaksaan dan SKPD serta tamu undangan lainya.(Ans71 Restu)