Urai Kapadatan Arus Lalin, Polres Tulungagung Lakukan Rekayasa Arus Lali Dengan Cara Contra Flow di Jembatan Ngujang 1

 



TULUNGAGUNG - H+3 Idul Fitri 1444H pada Ops Ketupat Semeru 2023 pada sore hari Polres Tulungagung, Polda Jatim mengurai antrean kendaraan di Jembatan Ngujang 1, di perbatasan Kecamatan Kedungwaru dan Kecamatan Ngantru, Kabupaten Tulungagung.


Titik ini menyebabkan antrean kendaraan dari arah selatan atau dari arah kota Tulungagung yang mau menuju ke Kediri pada Sore hari, Senin (24/04/2023).


Kapolres Tulungagung AKBP Eko Hartanto, SIK, MH melalui Kasihumas Iptu Anshori mengatakan, kepadatan lalu lintas dipicu menyempitnya jalur. Misalnya dari arah selatan, jalan di Kecamatan Kedungwaru sangat lebar, namun menjelang ke jembatan Ngujang,  jalan menyempit menjadi dua lajur. Kondisi ini yang menyebabkan antrean kendaraan dari arah selatan. Demikian juga di sisi utara jembatan.


"Tidak ada kemacetan di Jalur utama ini kendaraan terus bisa bergerak meski hanya pelan. Untuk mengurai antrean kendaraan yang panjang, dilakukan rekayasa dengan memberlakukan sistem "contra flow" secara bergantian", terangnya.


Apabila terjadi kepadatan panjang di selatan jembatan, maka arus lalu lintas dari arah utara ditutup. Arus dari selatan kemudian bisa menggunakan semua lajur yang ada utaranya yang di atas Jembatan Ngujang 1, serta sebaliknya.



"Pada sore tadi adanya kepadatan dari arah selatan ke utara, dengan contra flow lalu lintas satu kali, arus relatif lebih lancar dibanding sebelumnya dan kepadatan dalam kota berkurang", ujarnya.


"Selain contra flow, juga melakukan rekayasa lalu lintas di beberapa titik kepadatan yang ada di wilayah Tulungagung", sambungnya.


lebih lanjut Iptu Anshori mengatakan, dengan cara ini mengurangi kepadatan kendaraan di jalur utama. 


"Kami menghimbau kepada pengendara untuk tetap mengikuti petunjuk dari petugas yang dilapangan dan rambu rambu penunjuk arah, demi lancarnya arus lalin", tandasnya.


Pengendara bisa melalui jalur jalur alternatif, misalnya dari arah Trenggalek yang mau kearah kediri bisa melewati jeli, dari arah kediri yang mau kearah Blitar bisa melewati simpang 4 Koramil Ngantru ke kiri tembus di simpang tiga Balai Desa pinggirsari atau sebaliknya. ( ans71-restu)