Untuk meningkatkan rasa syukur kepada Allah SWT, Polres Tulungagung melaksanakan Binrohtal

 


TULUNGAGUNG – Dalam rangka menselaraskan kehidupan dunia dan akhirat,  Polres Tulungagung menggelar pembinaan rohani dan mental terhadap personil Polri dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) dilingkup Polres Tulungagung. 23/02/2023


salah satunya yakni dengan pembinaan rohani dan mental (binrohtal) secara rutin di Masjid Al Hafidz Polres Tulungagung yang dilaksanakan setiap hari Kamis 23 Februari 2023 setelah apel pagi.


Binrohtal diawali dengan lantunan sholawat nabi Muhammad SAW yang diiringi oleh tim Hadrah polres Tulungagung 


Dalam Sambutannya Kapolres Tulungagung AKBP Eko Hartanto, SIK, MH mengatakan, bahwa pembinaan mental dan rokhani ini penting sekali, karena dinamika tugas polri ini cukup berat kalau tidak diimbangi dengan kegiatan rokhani maka tidaklah pas, biar seimbang maka dilaksanakanlah kegiatan binrohtal.


Pembinaan rohani dan mental merupakan program Polres Tulungagung dalam meningkatkan kwalitas keimanan dan ketakwaan agar terbentuk karakter dan mental Anggota Polri untuk menjadi lebih humanis.


“Kegiatan ini bertujuan untuk menjadikan personil Polri selalu bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa sehingga kehidupan pribadi personil menjadi lebih baik,” jelasnya.


Lebih lanjut AKBP Eko Hartanto mengatakan, kegiatan semacam ini wajib untuk diikuti, lantaran fungsinya dapat menyegarkan pikiran anggota yang setiap hari disibukkan dalam melaksanakan tugas.



“Binrohtal bertujuan positif, yakni berguna untuk memberikan siraman rohani dan moral kepada personel Polri”, ujarnya.


Ditambahkannya, keamanan yang terjadi tidak akan datang secara serta merta, akan tetapi juga perlu didukung dengan doa, ikhtiar, atau usaha kita semua untuk mewujudkan keamanan dan ketertiban di wilayah hukum Polres Tulungagung.


Masih menurut Kapolres, meskipun itu berat akan tetapi jika tugas itu dilaksanakan dengan ikhlas maka akan menjadi mudah dan ringan serta bernilai ibadah.


“Yang terpenting kita niati dulu dengan ikhlas, Insyaallah tugas tugas yang dibebankan pimpinan kita akan menjadi mudah". 


Karena makna yang terkandung didalamnya banyak sekali hal hal kebaikannya dan selanjutnya kita berserah diri dengan bertawakal,”ujar Kapolres.


“Perlu diketahui bersama bahwa Tugas Polisi sangat dibutuhkan/diharapkan banyak masyarakat oleh sebab itu kami Mohon doanya pak ustad semoga anggota saya beserta keluarga diberikan petunjuk dan perlindungan dari Allah SWT dalam melaksanakan tugas kepolisian dalam rangka menjaga kamtibmas yang aman dan kondusif”sambungnya.


Yang terakhir Kapolres mengungkapkan dalam melaksanakan ibadah atau tugas juga harus didasari dengan ikhlas yang menurutnya hal itu bersifat individu atau pribadi.


“Dengan harapan sikap mental personil Polri yang baik akan menciptakan hasil pelaksanaan tugas yang baik dan bijaksana dan dapat dipertanggungjawabkan, Sehingga citra Polri akan semakin baik dan dalam melaksanakan tugas bisa lebih profesional,” pungkasnya.


Dalam Kegiatan Binrohtal kali ini diisi oleh ustad  KH Muhamad Mahfudh halimi  dari Gandusari kab Trenggalek  dalam tausiahnya mengajak kepada seluruh jamaah senantiasa meningkatkan keimanan, ketaqwaan dan iklas dalam menjalankan tugas. Serta jangan pernah melupakan sholat lima waktu.


Kita sebagai hamba Allah SWT, marilah kita selalu bersyukur kepada Allah, atas nikmat yang luar biasa yang telah diberikan oleh Allah SWT kepada kita semua. (Ans71 Restu)