Wakapolres Tulungagung bersama Forkopimda menghadiri pelantikan 95 Anggota PPK

 


  

TULUNGAGUNG – Kapolres Tulungagung Polda Jatim AKBP Eko Hartanto, Sik, Mh yang diwakili oleh Wakapolres KOMPOL Dodik Tri Hendro Siswoyo, Sh, Sik, Mik bersama Forkopimda Kabupaten Tulungagung menghadiri acara pelantikan  95 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang bertempat di Hall Victory Hotel Tulungagung.4/01/2023


Ke 95 anggota PPK yang dilantik hari ini oleh KPU Kabupaten Tulungagung  tersebar di 19 Kecamatan yang ada di Kabupaten Tulungagung  


Sementara itu Wakil Bupati Gatut Sunu Wibowo Se, yang hadir dalam kesempatan tersebut  atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Tulungagung, menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh anggota PPK yang dilantik.  


 "Selamat dan semoga amanah yang diemban tersebut dapat ditunaikan dengan sebaik-baiknya, sehingga Pemilu 2024 mampu menghasilkan pemimpin terbaik untuk negeri ini. Baik pemimpin di jajaran eksekutif, maupun legislatif," ucap Gatut Sunu dalam sambutannya.


Ditambahkannya, sebagai perpanjangan tangan dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tulungagung, PPK memiliki tugas melaksanakan tahapan-tahapan pelaksanaan pemilu di tingkat kecamatan. Dan oleh karena itu menurut Wabup keberadaan PPK sangat strategis dalam penyelenggaraan Pemilu 2024.


Maka, dengan strategisnya peran PPK tersebut, Wabup berharap kepada anggota PPK untuk bisa melaksanakan semua tugas dengan sebaik-baiknya. PPK juga harus proaktif berkoordinasi dengan KPU dan Bawaslu di tingkat kabupaten, serta Panwaslu di tingkat kecamatan, khususnya koordinasi terkait tahapan-tahapan dalam penyelenggaraan Pemilu 2024. 


"Kami, di jajaran Pemerintah Kabupaten Tulungagung, secara aktif akan terus mendukung kinerja penyelenggara pemilu, sehingga setiap tahapan pemilu betul-betul mencerminkan kesiapan Kabupaten Tulungagung dalam menghadirkan pemilu yang berkualitas dan bermartabat, pemilu yang mencerminkan bahwa kedaulatan adalah di tangan rakyat," tambahnya.


Oleh karena itu, saya berpesan agar Saudara semua bisa menjalankan tugas ini dengan penuh tanggung jawab.


“laksanakan setiap tugas sesuai dengan peraturan yang berlaku. Hadirkan penyelenggaraan pemilu yang berkualitas. Karena, hanya dengan pemilu yang berkualitas, pembangunan nasional untuk lima tahun ke depan akan memiliki pondasi yang kuat," pesannya.


Sementara itu Ketua KPU Kabupaten Tulungagung Susanah mengatakan, anggota PPK yang dilantik tersebut bekerja  mulai hari ini sesuai dengan kontrak kerja per Bulan Januari 2023 sampai bulan April 2024. 


Nantinya akan ditugaskan untuk membantu KPU Tulungagung dalam rekruitmen PPS sesuai dengan kewenangannya. "Selain itu juga kita ikutkan dalam kegiatan sosialisasi Pemilu 2024 nanti," ujar Susanah.  


Dijelaskannya, dari 95 anggota PPK yang dilantik tersebut, ada 26 orang perempuan yang artinya 30 persen dari keseluruhan anggotanya dan diantara 95 anggota PPK juga ada yang berasal dari ASN.   "Yang dari ASN juga ada, namun itu juga sudah sesuai dengan aturan yang ada.


Yang jelas prinsip kita jadi penyelenggara adalah bekerja penuh waktu yang didasarkan secara etika dan regulasi yang ada," tandasnya. 


Hadir dalam kegiatan pelantikan PPK, Kapolres Tulungagung AKBP Eko Hartanto, Sik, Mh yang diwakili oleh Wakapoles KOMPOL Dodik Tri Hendro Siswoyo, Sh, Sik, Mik, Dandim 0807 Tulungagung LETKOl CZI Nooris Agus Rinanto, Sipm Wakil Bupati Tulungagung h Gatut Sunu Wibowo Se, Wakil Ketua DPRD Tulungagung Gunawan, Kepala Kejaksaan Negeri TUlungagung Ahmad Muklis Sh, Mh, Dinas instansi terkait Muspika se Kabupaten Tulungagung, Ketua Komisioner KPU dan Ketua Bawaslu.(Ans71 Restu)