Polres Tulungagung menggelar Brainstorming knowledge management kepada seluruh anggota

 



TULUNGAGUNG -  Dengan semangat baru dan ide ide baru di awal tahun 2023 Polres Tulungagung Polda Jatim menggelar  Brainstorming kepada Pju, Kapolsek jajaran, seluruh perwira dan perwakilan anggota yang bertempat di ruang SAR Polres Tulungagung. 2/01/2022


Kapolres Tulungagung AKBP Eko Hartanto Sik Mh, mengatakan kegiatan pembekalan yang dikemas dalam Brainstorming sangat bermanfaat di era kemajuan untuk suatu organisasi supaya profesional dalam menjalankan tugas 


Selamat datang Dr Vita Mayastinasi Dosen PTIK di polres Tulungagung, mohon nantinya kami anggota polres Tulungagung diberikan pencerahan terkait knowledge management.


Sementara itu Dr Vita Mayastinasi Dosen PTIK mengatakan Brainstorming adalah proses saat sebuah kelompok berupaya mencari solusi atas masalah tertentu dengan menghimpun semua ide yang disumbangkan para anggotanya secara spontan.


Tujuan Brainstorming adalah untuk menerapkan metode brainstorming guna membantu tim menemukan ide dan solusi bersama dalam mengidentifikasi dan menganalisis masalah.


Tujuan brainstorming yaitu menghasilkan gagasan maupun ide-ide baru tanpa mengkritik pemikiran apapun, demikian diterangkan dalam buku Sukses Memimpin oleh Dale Carnegie.



Di samping itu, terlibatnya anggota kelompok ke dalam suatu kegiatan brainstorming dapat mendorong kemampuannya dalam mengemukakan pendapat, berdiskusi, dan berpikir agar semakin terasah.


Cara Melakukan Brainstorming dengan Efektif Berani Gagal dalam Berkreasi oleh Alfred Boediman dan laman Interaction Design Foundation, berikut cara agar brainstorming berjalan efektif:


1. Tentukan Dulu Masalah dan Tujuannya, tanpa didasari tujuan, sesi brainstorming akan berjalan tanpa arah. Sampaikan kepada semua anggota tentang apa tujuan sesi brainstorming diselenggarakan, masalah apa yang dihadapi, dan masalah apa yang hendak diselesaikan.


2. Batasi Durasi Lamanya waktu melakukan sesi brainstorming dipengaruhi kerumitan masalah yang hendak diselesaikan. Normalnya, sesi brainstorming berdurasi 15-60 menit. Selain itu, ada baiknya sesi brainstorming dilakukan pagi hari saat pikiran masih segar.


3. Tahan Diri dari Penilaian atau Kritik

Selama sesi brainstorming tengah berjalan, tidak ada yang boleh berpikr maupun menunjukkan gestur negatif mengenai ide yang disampaikan.


4. Izinkan Buka Percakapan

Untuk mencapai hasil yang konkret, penting untuk membuka percakapan atau sesi tanya jawab. Jangan lupa untuk menunjukkan rasa hormat bagi ide yang muncul di forum.


5. Bangun Visual Diagram serta post it membantu menghadirkan ide-ide dan membantu anggota melihat dari cara yang berbeda.


6. Dorong Munculnya Ide-ide Aneh

Hindari mengeluarkan frasa 'terlalu mahal' atau semacamnya. Buka kesempatan agar semua orang merasa bebas untuk melontarkan ide, asalkan sesuai topik. Dengan begitu, brainstorming dapat membangun dan memicu datangnya ide-ide baru maupun gagasan dari masing-masing anggota.



Contoh Metode Brainstorming

1. Mind Mapping

Salah satu metode brainstorming yaitu memetakan ide dalam kerangka berpikir (mind map). Lewat mind mapping, para anggota tim tetap bisa fokus pada ide sentral sambil mengatur dan mengelompokan ide-ide pada jenis yang tepat.


Agar ide-ide mudah untuk diatur, gunakan kata kunci sederhana. Dengan begitu,akan lebih mudah menemukan ide yang paling potensial terkait masalah yang dihadapi.


Pembuatan mind mapping sederhana bisa menggunakan post it, selembar kertas, spidol, dan juga papan tulis. Anggota kelompok juga bisa menambahkan elemen grafis. Dengan begitu, anggota kelompok bisa mempunyai gambaran visual di pikiran dan mampu merangkai alur ide.


2. Analisis SWOT Analisis SWOT merupakan singkatan dari strength (kekuatan), weakness (kelemahan), opportunity (kesempatan), dan threat (ancaman).


Pemanfaatan analisis SWOT memungkinkan seseorang mengatasi kemungkinan gagal karena kelemahan, risiko ancaman, dan memaksimalkan kekuatan serta peluang yang bisa didapatkan.


Hadir dalam kegiatan Brainstorming knowledge management antara lain Kapolres Tulungagung AKBP Eko Hartanto Sik Mh, Waka polres Tulungagung KOMPOL Dodik tri hendro Siswoyo SH Sik Mik, Pju polres Tulungagung, Kapolsek jajaran, seluruh perwira dan perwakilan anggota Polsek Sejajaran polres Tulungagung.(Ans71 Restu)