Polres Tulungagung Akan Mengoptimalkan Pos Kamling dan Relawan Supeltas Dalam Rangka Harkamtibmas

 



TULUNGAGUNG - Dalam rangka menyerap aspirasi masyarakat yang ada di Wilayah kabupaten Tulungagung, Polres Tulungagung Jajaran Polda Jatim menggelar program Jum'at Curhat secara serentak di seluruh wilayah Kecamatan yang ada di Kabupaten Tulungagung.  


Program Jum'at curhat kali ini dilaksanakan di alun - alun Tulungagung Kabupaten Tulungagung, Jum'at 20 Januari 2023.


Menurut Kapolres Tulungagung AKBP Eko Hartanto, SIK, MH program Jum'at Curhat juga dalam rangka untuk menjaga Harkamtibmas di Kabupaten Tulungagung agar tercipta situasi yang aman dan kondusif.


Jum'at Curhat adalah sebagai sarana Kapolres bersama jajarannya bisa bertemu langsung dengan masyarakat, agar masyarakat bisa menyampaikan keluhan terkait permasalahan yang terjadi.  


"Jadi program Jumat Curhat ini kita bisa memberikan langsung informasi dan win win solution kepada masyarakat yang ada permasalahan," ucap Kapolres


Dikatakannya, dalam program Jum'at Curhat di wilayah Kecamatan Tulungagung Kota kali ini juga diikuti oleh Forkopimda Kabupaten Tulungagung, PJU polres Tulungagung, PJU kodim 0807 Tulungagung dan paguyuban ojek pangkalan dan paguyuban pedagang kaki lima.


Dalam dialog tanya jawab Kapolres dengan masyarakat khususnya paguyuban ojek pangkalan dan paguyuban pedagang kaki lima, setidaknya ada 5 (lima) permasalahan yang disampaikan oleh para peserta Jum'at curhat.



Terkait keberadaan pos polisi mohon pak Kapolres untuk pos pos polisi yang ada di wilayah kabupaten Tulungagung mohon diisi personilnya minimal kalau ada petugas potensi kejahatan akan berkurang.


Mohon kepada bapak Kapolres untuk no KTA ojek Kamtibmas bisa dihidupkan kembali dan mohon kami diberikan rompi.


Keberadaan relawan pengatur lalu lintas mohon dilakukan pembinaan mengingat kadang tindakannya sangat membahayakan bagi pengguna jalan lain.


Mohon pak bupati bisa memvasilitasi para pedang di alun alun terkait seragam PKL biar tidak timbul persaingan antar pedagang.


Untuk lampu masuk terminal Gayatri Tulungagung mohon dihidupkan kembali karena berpotensi kerawanan. 



"Tadi ada permasalahan yang disampaikan oleh tokoh masyarakat serta tokoh agama. Yang mana semuanya bisa kita koordinasikan, dan kita komunikasikan dengan semua stage holder yang ada dengan harapan  semoga semua permasalahan tersebut segera terselesaikan dengan baik," terang Kapolres. 


Dalam hal ini Kapolres Tulungagung AKBP Eko Hartanto memberikan jawaban bahwa akan memeping keberadaan pos pos polisi dan akan diisi personilnya.


 Polri dalam hal ini Polres Tulungagung akan mendata lagi terkait KTA ojek pangkalan dan insyaallah rompi ojek akan kita bantu pengadaanya.


Keberadaan pos kamling terimakasih akan kita hidupkan kita optimalkan lagi karena ini sangat penting dan efektif untuk menjaga lingkungannya dan mohon bisa dihidupkan kembali giat poskamling.


Terhadap supeltas agar pak Kasatlantas dilakukan pembinaan supaya dalam pelaksanaanya baik dan tidak membahayakan orang lain.


Jawaban bupati Tulungagung terkait keberadaan PKL dialun alun Pemkab akan menandai dengan tetap menjaga keindahan dan kusus malam Minggu dan hari Minggu untuk lampu PJU terminal Gayatri hari ini kita akan perbaiki.



Lebih lanjut Kapolres mengatakan program Jumat Curhat dilakukan secara serentak di 19 wilayah kecamatan yang ada di Tulungagung.  


"Hari ini kita perintahkan seluruh Kapolsek jajaran di 19 Kecamatan melaksanakan program ini. Dan Insyaallah kegiatan ini kedepannya kita laksanakan secara kontinyu, karena ini sebagai sarana yang efektif dengan melihat langsung permasalahan yang ada dilapangan," tandasnya.   


Untuk itu selanjutnya Kapolres juga terus mengajak semua stage holder dan semua elemen masyarakat untuk terus bersinergi bahu membahu untuk menjaga Harkamtibmas yang aman dan kondusif diwilayah masing - masing.


Hadir dalam Jum'at Curhat di alun alun kabupaten Tulungagung antara lain, Kapolres Tulungagung AKBP Eko Hartanto Sik Mh, bupati Tulungagung Drs H Maryoto Birowo Mm, Dandim 0807 Tulungagung LETKOL Czi Nooris Agus rinanto Sip, wakil bupati Tulungagung H Gatut Sunu Wibowo SE, kepala kejaksaan negeri Tulungagung, Ketua pengadilan negeri Tulungagung, Wakapolres Kompol Tri Hendro Siswoyo, PJU Polres Tulungagung, Forkopimcam Tulungagung kota, paguyuban ojek pangkalan dan paguyuban pedagang kaki lima. (Ans71-Restu)