Jum'at Curhat, upaya Polres Tulungagung dalam rangka menyerap aspirasi masyarakat

 




TULUNGAGUNG - Dalam rangka menyerap aspirasi masyarakat yang ada di Wilayah kabupaten Tulungagung, Polres Tulungagung menggelar program Jum'at Curhat secara serentak di seluruh wilayah Kecamatan yang ada di Kabupaten Tulungagung.  


Program Jum'at curhat kali ini dilaksanakan di gedung Pancasila pondok pesantren Albadru Alaina pimpinan Abah Kyai Amanu Sidiq Amanah di kecamatan Ngantru Kabupaten Tulungagung, Jum'at 13 Januari 2023


Menurut Kapolres Tulungagung AKBP Eko Hartanto, SIK, MH program Jum'at Curhat juga dalam rangka untuk menjaga Harkamtibmas di Kabupaten Tulungagung agar tercipta situasi yang aman dan kondusif.


Jum'at Curhat adalah sebagai sarana Kapolres bersama jajarannya bisa bertemu langsung dengan masyarakat, agar masyarakat bisa menyampaikan keluhan terkait permasalahan yang terjadi.  


"Jadi di program Jumat Curhat ini kita bisa memberikan langsung informasi dan win win solution kepada masyarakat yang ada permasalahan," ucap Kapolres, seusai menggelar program Jumat Curhat di Gedung Pancasila pondok pesantren Albadru Alaina yang ada di Kecamatan Ngantru, Kabupaten Tulungagung Jumat (13/01/2023). 



Dikatakannya, dalam program Jumat Curhat di wilayah Kecamatan Ngantru tersebut juga diikuti oleh Muspika, kepala desa se kecamatan Ngantru, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh perguruan pencak silat yang ada di wilayah kecamatan Ngantru 


Dalam  dialog tanya jawab Kapolres dengan masyarakat dan setidaknya ada  3 ( tiga ) permasalahan yang disampaikan oleh para Kades, tokoh masyarakat diantaranya adalah terkait  permasalahan 


Terkait permasalahan hukum yg melibatkan masyarakat ada persepsi bahwa permasalahan tersebut bisa dipetung 


Adanya balapan liar di jalur jalan raya ngantru sampai perbatasan Kediri, mohon ditindak karena sangat menggangu dan membahayakan masyarakat 


Untuk pos jaga lantas di pojok ngantru mohon ada petugasnya biar masyarakat bila melapor segera bisa dilayani



"Tadi ada 3 permasalahan yang disampaikan oleh tokoh masyarakat serta tokoh agama. Yang mana semuanya bisa kita koordinasikan, dan kita komunikasikan dengan semua stage holder yang ada dengan harapan  semoga semua permasalahan tersebut segera terselesaikan dengan baik," terang Kapolres. 


Dalam hal ini Kapolres Tulungagung AKBP Eko Hartanto memberikan jawaban bahwa Polri dalam hal ini Polres Tulungagung berkomitmen untuk menegakkan hukum sesuai ketentuan yang ada, bila ada yang tidak benar terhadap perbuatan anggota akan kami tindak.


Terkait adanya balapan liar, kami Polres Tulungagung berkomitmen untuk menindak dan mohon masyarakat untuk melaporkan bila ada giat serupa


Pos lantas akan kami komunikasikan dengan kasatlantas untuk bisa mengatakan personilnya di polantas ngantru


Lebih lanjut Kapolres mengatakan program Jumat Curhat dilakukan secara serentak di 19 wilayah kecamatan yang ada di Tulungagung.  


"Hari ini kita perintahkan seluruh Kapolsek jajaran di 19 Kecamatan melaksanakan program ini. Dan Insyaallah kegiatan ini kedepannya kita laksanakan secara kontinyu, karena ini sebagai sarana yang efektif dengan melihat langsung permasalahan yang ada dilapangan," tandasnya.   


Untuk itu selanjutnya Kapolres juga terus mengajak semua stage holder dan semua elemen masyarakat untuk terus bersinergi bahu membahu untuk menjaga Harkamtibmas yang aman dan kondusif diwilayah masing - masing.


Hadir dalam Jumat Curhat di gedung Pancasila pondok pesantren Albadru Alaina antara lain, Wakapolres Kompol Tri Hendro Siswoyo, PJU Polres Tulungagung, Forkopimcam dan Kades Se Kecamatan Ngantru, Tokoh Agama, Tokoh masyarakat, dan paguyuban pencak silat. (Ans71-Restu)