Waka Polres Tulungagung Bersama Forkopimda Kabupaten Tulungagung, meninjau lokasi bencana dan memberikan bantuan sembako kepada warga terdampak bencana alam.

 




TULUNGAGUNG – Cuaca exstrem yang melanda sebagian besar wilayah Kabupaten Tulungagung mengakibatkan terjadinya bencana alam diantaranya banjir dan tanah longsor atau tanah yang bergerak dan berpotensi terjadinya longsor. 


Kapolres Tulungagung dalam hal ini diwakili oleh Waka Polres Kompol Dodik Tri Hendro Siswoyo, Sh Sik, Mik Bersama Forkopimda Kabupaten Tulungagung hari  ini Kamis tanggal 13 Oktober 2022 melakukan pengecekan lokasi bencana yang ada di Wilayah Kecamatan Tanggunggunung  dan Kecamatan Bandung. 13/10/2022


Adapun sasaran pertama peninjauan lokasi bencana pada hari ini adalah di Kecamatan Tanggunggunung dimana di lokasi ini warga masyarakat di Dusun Kalitalun Desa Tanggung gunung  yang terdampak dari adanya bencana alam berupa tanah gerak saat ini ditampung sementara di Rumah Dinas Camat Tanggung gunung sebanyak 9 KK dengan 29 Jiwa.


 Dalam kesempatan kunjungan terebut Forkopimda Tulungagung dalam hal ini Bupati Tulungagung Drs Maryoto Birowo Mm, Dandim 0807 Tulungagung Letkol Czi Nooris Agus Rinanto Sip, Kapolres Tulungagung yang diwakili Waka Polres Kompol Dodik Tri Hendro Siswoyo, Sh Sik, Mik memberikan bantuan berupa paket sembako kepada warga yang terdampak khususnya yang saat ini ditampung sementara di Rumah Dinas Camat tanggung gunung.



Setelah melakukan dialog dan pemberian bantuan kepada warga masyarakat terdampak bencana alam berupa tanah gerak di Kecamatan tanggunggunung, selanjutnya rombongan Forkopimda Kabupaten Tulungagung melakukan pengecekan lokasi tanah gerak di Dusun Kalitalun Desa Tanggung gunung.


Disela sela kegiatan pengecekan lokasi terdampak dari adanya bencana alam, rombongan forkopimda mengadakan kegiatan dialog kepada warga terdampak bencana alam, untuk menyerap masukan guna mengambil langkah penanganan lebih lanjut.


Tidak hanya di tanggung gunung saja dilakukan pengecekan oleh rombongan forkopimda Kabupateng Tulungagung, rombongan tersebut juga melakukan pengecekan dilokasi bencana banjir di desa Talun Kulon Kecamatan bandung, dimana didesa tersebut mengalami dampak bajir akibat curah hujan yang tinggi di wilayah kecamatan watulimo.


Dari data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupateng Tulungagung sesuai yang disampaikan oleh Sdr Satar selaku seketaris BPBD Kabupateng tulungagung didapati keterangan bahwa 6 kecamatan yang di Kabupaten Tulungagung mengalami dampak bencana alam yang akibat cuaca exstrem.


Wilayah yang mengalami dampak cukup parah adalah di Kecamatan Besuki, dimana di Kecamatan Besuki ada 4 Desa yang terdampak yaitu Desa Sedayu Gunung, Desa Tanggul Turus, Desa Keboireng dan Desa Besole, sedangkan yang ada di Kecamatan Tanggung gunung yaitu di Dusun Kalitalun Desa Tanggung gunung,



Dampak banjir yang paling parah dialami oleh Kecamatan Bandung kusunya di Desa Talunkulon dan Desa Nglampir, dimana dua desa tersebut mengalami dampak banjir karena kiriman air hujan dari eilayah kecamaan watulimo.


Kegiatan pengecekan dan pemberiaan bantuan kepada warga terdampak bencana alam di hadiri oleh Bupati Tulungagung Drs. H Maryoto Birowo Mm, Dandim 0807 Tulungagung Letkol Czi Nooris Agus Rinanto Sik, Kapolres Tulungagung yang diwakili oleh Waka Polres Kompol Dodik Tri Hendro Siswoyo, Sh, Sik, Mik, Kabag umum pemkab Tulungagung Bpk Sony, Bpk Satar Seketaris BPBD Kab Tulungagung dan muspika Kecamatan tanggunggunung. (Ans71 Restu)