Sinergitas TNI Polri dan masyarakat dalam membantu warga terdampak banjir dengan mendirikan dapur umum

 



TULUNGAGUNG – Kepolisian Resor Tulungagung menerjunkan personel dalam penanganan banjir  yang menerjang wilayah Kabupaten Tulungagung bagian selatan khususnya wilayah kecamatan Bandung, pengerahan personil ini untuk membantu pada posko bencana alam dan dapur umum. Rabu, (19/10/2022).


Kapolres  Tulungagung Akbp Eko Hartanto Sik Mh mengungkapkan, dalam penanganan bencana alam banjir ini, pihaknya mengerahkan seluruh sumberdaya yang dimiliki. Tidak hanya evakuasi warga tetapi juga penyiapan posko maupun dapur umum.


“Kita pastikan semua kebutuhan penunjang bagi para warga yang terdampak bisa terpenuhi. Oleh sebab itu, kita libatkan semua personel untuk membantu.” Ujar Kapolres Tulungagung 


Akbp Eko Hartanto menambahkan, pihaknya bersama instansi terkait dan warga masyarakat  telah menyiapkan  lokasi sebagai dapur umum disiagakan di Rumah Kepala desa Bandung 



Kita juga menyiapkan Tim Rescue Sabhara untuk membantu warga masyarakat yang terdampak banjir, maupun warga masyarakat yang perlu dilakukan evakuasi.


Tidak hanya personil Sabhara, personil lalulintas juga diterjunkan untuk membantu kelancaran arus pada daerah yang rawan terjadi kemacetan akibat dampak banjir.


Kapolsek Bandung iptu Dadang Triyanto, SH mengatakan seluruh personil Polsek Bandung dikerahkan untuk membantu warga masyarakat yang terdampak, mulai dari evakuasi warga sampai menyiapkan makan yang dikelola di dapur umum dan mendistribusikannya Kepada warga masyarakat yang terdampak banjir.


Untuk diketahui bersama bahwa di wilayah kecamatan Bandung adalah wilayah yang terdampak paling parah akibat banjir. Alkhamdulilah tidak ada korban jiwa dalam bencana kali ini.



ditempat yang sama Ibu Wiji selaku Kepala Desa Bandung, mengatakan bahwa Dapur umum bagi warga terdampak banjir di wilayah Kecamatan Bandung ini didirikan atas kerjasama TNI, Polri serta relawan yang ada di sekitar Bandung.


Tidak hanya relawan saja bahkan para donatur atau warga yang peduli cukup banyak, mereka dengan ikhlas menyumbangkan bahan pokok seperti beras, telur, mie, minyak goreng dan lain lain, termasuk sayur sayuran (Ans71 Restu)