Responsif dampak bencana, Polres Tulungagung melaksanakan pembersihan sisa sisa material lumpur akibat banjir

 



TULUNGAGUNG - Paska terjadinya hujan lebat dan terus menerus yang terjadi di hampir semua Wilayah  di Kabupateng Tulungagung, hingga mengakibatkan terjadinya banjir di beberapa titik di Wilayah Kabupaten Tulungagung.


Kapolres Tulungagung Akbp Eko Hartanto, Sik, Mh memerintahkan seluruh jajaran anggotanya baik di Polres maupun Polsek, siaga dan tanggap bilamana sewaktu waktu terjadi bencana akibat cuaca Exstrem yang terjadi di wilayah kabupaten Tulungagung. 


Sebagai bentuk empati Polri dengan situasi yang ada diamana ada satu wilayah terdampak di desa Besole kecamatan Besuki, anggota Polres Tulungagung dan jajaran mengadakan kegiatan bakti kebersihan Bersama BPBD dan masyarakat di tempat tersebut.  Kamis (13/10/2022).


“Polres Tulungagung hari ini secara serentak bahu membahu untuk membantu   warga masyarakat yang mengalami dampak dari  adanhya banjir yang terjadi di Desa Besole Kecamatan Besuki, dimana banjir kali ini membawa material lumpur dan sisa sisa sampah kayu yang menutupi badan jalan utama di Desa Besole”.


Kegiatan kerja bakti atau bakti kebersihan ini dilaksanakan antara Polri Masyarakat dan dinas penanggulangan Bencana kabupateng Tulungagung  ( BPBD) dengan cara menyemprotkan air untuk membersihkan sisa sisa lumpur yang terbawa banjir.


Sementara itu Kapolsek Besuki AKP I Nengah Suteja Sh mengatakan, Sisa sisa lumpur yang tebawa banjir yang ada di jalan umum di Desa Besole Kecamatan Besuki  ini harus segera dibersihkan, karena kalau tidak dibersihkan maka akhtifitas masyarkat akan terganggu dan bisa mengundang terjadinya kemacetan dan kecelakaan. Ungkapnya


Minimal dengan adanya kegiatan bakti kebersihan  yang diselenggarakan oleh Kepolisian dan bekerjasama dengan instansi pemerintah ini akan sedikit mengurai permasalahan yang terjadi akibat adanya banjir dan masyarakat bisa melaksanakan akhtifitasnya kembali


“Saya mengimbau kepada masyarakat selalu waspada ketika terjadi hujan lebat, karena akan berpotensi terjadinya banjir dan mengharap akan kepedulian masyarakat untuk Bersama sama bahu membahu peduli dilingkungan sekitar ketika terjadi banjir seperti ini”.  sambungnya.


Sementara itu ditempat terpisah Kepala Desa Besole Suratman mengatakan,  berterimakasih dan mengapresiasi atas bantuan tenaga yang diberikan oleh Polri dan pemerintah Kabupaten Tulungagung dengan membersihkan sisa sisa material lumpur yang ada di jalan sehingga warga kami bisa berakhtifitas kembali dengan normal dan aman, sekali lagi kami ucapkan terimakasih. 


Akibat kejadian bencana banjir yang membawa material lumpur tersebut tidak ada korban jiwa. (Ans71 Restu)