Polres Tulungagung dan Polsek Jajaran mengadakan kerja bakti paska terjadinya banjir dan tanah longsor serta perbaikan tanggul sungai yang tergerus air

 




TULUNGAGUNG - Pasca terjadinya hujan lebat dan terus menerus yang terjadi di hampir semua wilayah Kecamatan di Kabupateng Tulungagung, hingga mengakibatkan terjadinya tanah longsor, banjir dan jebolnya tanggul sungai,   Polres dan Polsek jajaran Polres Tulungagung, mengadakan kegiatan bakti pembersihan lumpur atau tanah yang menutup badan jalan atau rumah warga serta perbaikan tanggul sungai yang jebol.  


Sebagai bentuk empati Polri dengan situasi yang ada diamana warga masyarakat ada yang terdampak akibat tanah langsor dan banjir anggota Polres Tulungagung mengadakan kegiatan bakti kebersihan Bersama masyarakat dan setekholder terkait. (9/10/2022).


“Polres Tulungagung hari ini secara serentak bahu membahu untuk membantu   warga masyarakat yang mengalami dampak dari tanah longsor dan banjir serta perbaikan tanggul yang jebol akibat curah hujan yang tingi dan dalam waktu yang lama.


Kegiatan bakti kebersihan  Ini adalah bentuk kepedulian Polri khususnya Polres Tulungagung kepada masyarakat, semoga dengan keikut sertaaan Polri ini bisa meringankan beban saudara kita yang terkena musibah,” ujar Kapolres.


“Saya mengimbau kepada masyarakat selalu waspada ketika terjadi hujan lebat sehingga berdampak pada tanah gerak tidak stabil dan terjadinya longsor khususnya kepada warga yang bermukim di dekat lereng daerah pegunungan, serta di tepian sungai” sambungnya.


Seperti kejadian jeboolnya tanggul akibat tidak mampu menampung debit arus aair yang mengalir deras yang terjadi pada tanggal 08 Oktober 2022, sekira pukul 03.30 wib dimana akibatnya ada beberapa desa seperti  Desa Bonsari Desa  Betak mengalami kecamatan Kalidawir mengalami banjir.


Tidak hanya di Wilayah Kecamatan Kalidawri namun kejadian banjir dan tanah longsor  juga terjadi di Wilayah Kecamatan Besuki, Kecamatan Bandung dimana kedua wilayah tersebut berbatasan dengan wilayah trenggalek, bilamana wilayah trenggalek terjadi hujan deras maka kedua wilayah kecamatan tersebut mengalami dampak kebanjiran


Bentuk kepedulian anggota Polri melalui Polsek Kalidawir, Polsek Besuki dan Polsek bandung pada hari ini Minggu tanggal 9 Oktober 2022 bersama masyarakat dan dinas PU Kabupaten Tulungagung mengadakan kegiatan kerja bakti memperbaiki tanggul, mengadakan pembersihan tanah atau lumpur dari akibat terjadinya banjir atau tanah longsor.


 Akibat kejadian tersebut tidak ada korban jiwa, hanya kerugian materiil  saja dan kita Polri hadir Bersama untuk membantu warga yang terdampak. (Ans71 Restu)