Kapolres Tulungagung Bersama Forkopimda, menghadiri acara pembukaan TMMD ke 115 tahun 2022 di Kecamatan Pagerwojo

 



TULUNGAGUNG  -  Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke - 115  TA 2022 di Desa Gondanggunung, Kecamatan Pagerwojo, Kabupaten Tulungagung hari ini secara resmi telah dibuka oleh Bupati Tulungagung Drs Maryoto Birowo  dengan  diawali pelaksanaan upacara yang bertempat di lapangan Desa setempat, Selasa (11/10/2022).


Dalam sambutannya, Bupati mengatakan, kehadiran TMMD merupakan wujud pengejawantahan kemanunggalan TNI dan masyarakat yang menjadi satu kekuatan dan pondasi yang luar biasa untuk memajukan Desa, memajukan potensi dan kearifan lokal serta untuk mengatasi berbagai permasalahan di masyarakat.


Hal ini sesuai dengan program Pemerintah yang saat ini focus melaksanakan percepatan pemulihan ekonomi untuk bangkit dari ekonomi syok akibat pandemi covid - 19.


"Disamping itu penanggulangan kemiskinan ini jauh lebih terjal tidak akan bisa dilakukan dengan upaya biasa - biasa saja. Mengembalikan kondisi kemiskinan ketika pra pandemi menjadi tugas yang berat dan panjang untuk Tulungagung ini," ucap Bupati dalam sambutannya.


Bupati menambahkan, akibat pandemi Covid - 19, tingkat kemiskinan di  Tulungagung Tahun 2021  meningkat dibanding dengan tahun 2020, dari sebesar 7,33 persen menjadi 7,51 persen dengan kantong kemiskinan di daerah pedesaan.


Yang mana, disisi lain ekonomi belum sepenuhnya pulih setelah sempat terkontraksi pada angka minus 3,09 persen dan saat ini sudah mengalami pertumbuhan ekonomi sebesar 3,6 persen.


"Untuk itu guna akselerasi pemulihan ekonomi dan penurunan kemiskinan harus dilakukan dengan mengedepankan prinsip pendekatan holistik integratif, tematik dan spesial. Dan saya yakin dengan sinergitas TNI dengan masyarakat akan menjadi pilar tegaknya NKRI sekaligus menjadi kekuatan yang dahsyat dalam mengatasi berbagai permasalahan diantaranya pemulihan ekonomi dan penurunan kemiskinan," tambahnya.

 

"Maka dengan tema TMMD Dedikasi Terbaik Membangun NKRI ini diharapkan bisa membuktikan semangat kebersamaan dan kegotongroyongan merupakan senjata utama penentu keberhasilan pembangunan," harapnya.


Dan menurut Bupati, kegiatan TMMD semata bukan kegiatan fisik saja yakni berupa pembangunan rabat jalan, rehabilitasi rumah tidak layak huni (RTLH), rehabilitasi masjid, pembangunan jamban keluarga dan MCK tetapi bisa lebih dari itu, yakni membangun semangat kemandirian untuk mengelola potensi yang ada serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui kegiatan penyuluhan dan sosial.


"Untuk itu kami sampaikan kepada warga masyarakat Gondanggunung untuk beroeran sepenuhnya guna mendukung program ini agar bisa selesai tepat waktu," sambungnya.


Lebih lanjut Bupati yakin, bahwa program TMMD ini akan memberikan kontribusi besar bagi pembangunan di Desa Gondanggunung, terutama untuk akses pendidikan, kesehatan, perekonomian warga ," sambungnya.


Selanjutnya, Bupati dalam kesempatan tersebut mengucapkan terima kasih kepada jajaran TNI yang telah melaksanakan program TMMD di Desa Gondanggunung.


"Kepada jajaran TNI kami ucapkan terimakasih yang sebesar - besarnya, dan kedepan Pemkab Tulungagung akan terus memberikan dukungan dan komitmen penuh bagi pelaksanaan TMMD di Desa Gondanggunung karena sangat besar manfaatnya," lanjutnya.

 

"Oleh karena itu kegiatan TMMD tidak hanya dilaksanakan di Desa Gondanggunung saja namun di wilayah Tulungagung selatan juga merupakan hal yang sangat penting untuk mengatasi persoalan secara keseluruhan utamanya yang menyangkut kesehatan masyarakat," pungkasnya.  


Turut hadir dalam upacara pembukaan TMMD tersebut antara lain : Danrem 081 / Diroth saha Jaya Kolonel Inf Deni Rejeki, S.E., M.Si, Pa Liason TNI - AL  Kolonel Mar Sugiharto, S.H., M.H, Waaster Kodam V/ Brawijaya Letkol Inf La Ode Muhammad Nurdin, S.Sos., M.l.Pol, Dansat Hanlan Lanud Iswahyudi

d. Letkol Pas Irvien Joni, SE, Bupati Tulungagung Drs Maryoto Birowo, MM,  Wabup Gatut Sunu Wibowo, SE, Dandim 0807 Tulungagung Letkol Czi. Nooris Agus Rinanto, S.I.P, Kapolres Tulungagung AKBP Eko Hartanto, S.I.K., M.H, Ketua DPRD Tulungagung, Marsono, S.Sos, Kalanri Tulungagung Ricky Fardinand, SH, Kasi Ter Korem 081/ DSJ  Letkol Inf Drs. Rudi Sudjatmiko, seluruh Danramil jajaran Kodim 0807/Tulungagung serta OPD terkait.(Ans71 Restu)