Kapolres Tulungagung Hadiri Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Halaman Kantor Pemkab Tulungagung

 



TULUNGAGUNG - Kapolres Tulunaggung AKBP Eko Hartanto, SIK, MH., menghadiri Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2022 Tingkat Kabupaten Tulungagung di Halaman Kantor Pemerintah Kabupaten Tulungagung, Sabtu (01/10/2022).


Upacara tersebut juga dihadiri Forkopimda Tulungagung, PJU Kodim 0807 Tulungagung, PJU Polres Tulungagung, Undangan dan sebagai Inspektur Upacara Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, MM serta diikuti TNI, Polri, PGRI, para pelajar dan Pramuka.


Tema peringatan Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober Tahun 2022 adalah “Bangkit Bergerak Bersama Pancasila.


Kegiatan upacara di awali dengan hening cipta yang di pimpin oleh Inspektur upacara kemudian di lanjutkan dengan pembacaan teks Pancasila oleh Inspektur Upacara, pembacaan naskah UUD 1945, dan pembacaan Naskah Ikrar Hari Kesaktian Pancasila.



Bupati Tulungagung Maryoto Birowo usai mempin Upacara mengatakan, pancasila merupakan satu ideologi bangsa Indonesia yang tidak bisa digantikan.


“Pancasila terkandung nilai luhur peradaban bangsa Indonesia yang betul betul pancasila merupakan satu ideologi bangsa Indonesia, bangkit tumbuh bersama Pancasila”, ucapnya


“Betapa Pancasila sudah beberapa mengalami guncangan, berkat nilai nilai luhur Pancasila tetap kokoh dan Pancisila merupakan alat pemersatu perekat NKRI”, sambungnya.


Sementara itu Kapolres Tulungagung AKBP Eko Hartanto mengatakan, kekuatan Pancasila harus terus di lestarikan untuk menangkal ancaman baik dari dalam maupun dari luar.


“Pancasila dengan keperkasaannya, kita sebagai generasi penerus bangsa selalu terus menamkan nilai nilai kejuangan daripada seluruh pahlawan yang telah gugur mendahului kita, bagaimana keabadian Pancasila bagaimana kekuatan Pancasila ini nilai nilainya harus kita lestarikan seluruh anggota kita, anakcucu kita untuk sama sama menangkal ancaman baik dari dalam maupun dari luar”, ujarnya. (ANS71 restu)