embinaan rohani dan mental, terhadap anggota Polres Tulungagung

 



TULUNGAGUNG – Dalam rangka menselaraskan kehidupan dunia dan akhirat terhadap anggota Polri dan PNS Polri  Polres Tulungagung secara rutin menggelar menggelar pembinaan rohani dan mental 30/9/2022


salah satunya yakni dengan pembinaan rohani dan mental (binrohtal) secara rutin di Masjid Al Hafidz Polres Tulungagung yang dilaksanakan setiap hari Kamis setelah apel pagi.


Binrohtal diawali dengan sambutan Kapolres Tulungagung dan dilanjutan ceramah oleh Ketua MWC NU Kecamatan Bandung KH Gus choirurohim, MPdi yang sekaligus pengasuh pondok pesantren darul ulum Jetis ngunggahan Bandung Tulungagung


Dalam Sambutannya Kapolres Tulungagung AKBP Eko Hartanto, SIK, MH mengatakan, bahwa kegiatan ini harus terus dipupuk, dilestarikan dan terus dilaksanakan untuk kita Bersama menerima siraman rohani. “Sebagai manusia yang hidup, selain kita memberikan nutrisi pada fisik, tentunya Psikologi, lahiriah kita dan rohaniah kita harus diisi dengan Nutrisi dan Menu-menu wajib yang bergizi yaitu dengan Siraman Rohani.”


“Kegiatan ini sangat penting bertujuan untuk menjadikan personil Polri selalu bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa sehingga kehidupan pribadi personil menjadi lebih baik,” jelasnya.


“Selain bertujuan positif, Binrohtal berguna untuk memberikan siraman rohani dan moral kepada personel Polri, dan juga sebagai momentum untuk evaluasi diri kita masing-masing”, ujarnya.


Dimana dalam 2 (dua) tahun terakhir ini kita dalam keterbatasan semua Sekmen kehidupan, namun saat ini seolah olah kita lepas dari keterkaitan, salah satu yang bisa mengerem adalah keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT.


"Yakinlah seluruh tetes keringat rekan dalam menjalankan jika didasari dengan keihlasan insyaallah Allah SWT, tidak lupa"


Ditambahkannya, keamanan yang terjadi tidak akan datang secara serta merta, akan tetapi juga perlu didukung dengan doa, ikhtiar, atau usaha kita semua untuk mewujudkan keamanan dan ketertiban di wilayah hukum Polres Tulungagung.


 Salah satunya Kapolres menyebut yakni dengan mengimplementasikan program – program Kapolri, Kapolda dan dijabarkan dengan program Kapolres Tulungagung yakni selaras.


Masih menurut Kapolres, meskipun itu berat akan tetapi jika tugas itu dilaksanakan dengan ikhlas maka akan menjadi mudah dan ringan serta bernilai ibadah.


“Yang terpenting kita niati dulu dengan ikhlas, Insyaallah tugas tugas yang dibebankan pimpinan kita akan menjadi mudah. Karena makna yang terkandung didalamnya banyak sekali hal hal kebaikannya dan selanjutnya kita berserah diri dengan bertawakal,”ujar Kapolres.


“Perlu diketahui bersama bahwa Tugas Polisi sangat dibutuhkan/diharapkan banyak masyarakat oleh sebab itu kami Mohon doanya pak ustad semoga anggota saya beserta keluarga diberikan petunjuk dan perlindungan dari Allah SWT dalam melaksanakan tugas kepolisian dalam rangka menjaga kamtibmas yang aman dan kondusif”sambungnya.


Yang terakhir Kapolres mengungkapkan dalam melaksanakan ibadah atau tugas juga harus didasari dengan ikhlas yang menurutnya hal itu bersifat individu atau pribadi.


“Dengan harapan sikap mental personil Polri yang baik akan menciptakan hasil pelaksanaan tugas yang baik dan bijaksana dan dapat dipertanggungjawabkan, Sehingga citra Polri akan semakin baik dan dalam melaksanakan tugas bisa lebih profesional,” pungkasnya.


Kegiatan Binrohtal tersebut diisi ceramah oleh  KH Gus choirurohim MPdi dari  ketua MWC NU Kecamatan Bandung. 


Dalam tausiahnya mengajak kepada seluruh jamaah “senantiasa meningkatkan keimanan, ketaqwaan, iklas dan amanah dalam menjalankan tugas, Selalu dekat dengan rakyat, Jadilah manusia yang bermanfaat untuk orang lain, jangan pernah melupakan solat karena itu adalah panggilan dari yang maha Kholik, semoga kita semua diberikan keberkahan dari Alloh SWT”. (Ans71 Restu)