Kapolres Tulungagung Pimpin Apel Kirab Bentang 500 Bendera Merah Putih

 




TULUNGAGUNG - Kapolres Tulungagung AKBP Eko Hartanto memimpin Apel Kirab Merah Putih dalam rangka pendakian Proklamasi Bentang Kibar 500 Bendera Merah Putih Puncak Wilis via Bc Beru Nyawangan, Sendang. 


Dalam apel yang dilaksanakan di Mapolres setempat dihadiri oleh Wakil Bupati Gatut Sunu Wibowo, Dandim 0807 Letkol Czi Nooris Agus Rinanto, ketua DPRD Marsono dan Forkopimda lainnya, PJU, Kapolsek jajaran.


Indonesia merupakan negara kesatuan yang terdiri dari kepulauan dan beraneka ragam suku bangsa, budaya, agama, adat istiadat, bahasa kedaerahan yang telah terbentuk menjadi satu kesatuan yang utuh yaitu Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.


Sehingga dari seluruh keberagaman tersebut Indonesia mampu melakukan perlawanan terhadap penjajah hingga meraih suatu kemerdekaan yang merupakan wujud dari Bhinneka Tunggal Ika.


Maka dengan terbentuknya negara Republik Indonesia yang telah melalui beberapa peristiwa dengan berbagai dinamikanya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara maka kemerdekaan selalu kita peringati bersama di seluruh penjuru tanah air termasuk warga negara Indonesia yang berada di luar negeri pada setiap tanggal 17 Agustus.


"Oleh karena itu kami mengucapkan selamat HUT RI yang ke 77 tanggal 17 Agustus 2022 dengan tema Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat," ucap AKBP Eko Hartanto dalam sambutannya, Minggu (14/08/2022) pagi.


Di kesempatan itu, Kapolres juga  mengajak  kepada seluruh peserta kirab dan seluruh lapisan masyarakat Tulungagung , untuk bersama sama dan bersatu untuk bangkit setelah sekian lama terpuruk akibat pandemi covid 19.


"Bahwa Polres Tulungagung dengan jargon Sinergi, Empati, Lugas, Adaptif, Responsif, Amanah dan Solutif yang disingkat SELARAS melalui kegiatan ini dapat selalu bersama sama bersinergi guna mewujudkan kabupaten Tulungagung yang Ayem Tentrem Mulyo lan Tinoto," ajaknya.


Lebih lanjut Kapolres menyampaikan, setelah pelaksanaan apel kirab Merah Putih ini akan dilanjutkan dengan kegiatan  bentang kibar  500 Bendera Merah Putih di puncak gunung Wilis via Base Camp Beru Desa Nyawangan, Kecamatan Sendang oleh para pendaki bersama seluruh elemen masyarakat pada tanggal 17 Agustus 2022.


"Ini sebagai cerminan perjuangan bangsa ini memperjuangkan dan mengisi kemerdekaan," pungkasnya.


Seusai apel, peserta kirab Merah Putih diberangkatkan oleh Wabup Tulungagung bersama Forkopimda untuk menuju lokasi bentang kibar 500 bendera Merah Putih di Desa Nyawangan Sendang.(Ans71 Restu)