Kapolres Tulungagung pimpin apel sinergitas TNI, Polri dan Forkopimda, sebagai bentuk sinergitas dan soliditas.

 


Sebagai bentuk soliditas dan sinergitas, Tiga Pilar Kabupaten Tulungagung menggelar Apel Gabungan TNI - POLRI dan Forkopimda.


Apel gabungan yang digelar di halaman lapangan olahraga Rejoagung dipimpin langsung oleh Kapolres Tulungagung AKBP Eko Hartanto.


Mengawali sambutannya, Kapolres mengingatkan bahwa penyebaran covid - 19 hingga saat ini masih ada, bahkan cenderung meningkat, hal itu dikarenakan adanya euforia kelonggaran - kelonggaran  yang ada dan membuat masyarakat  saat ini banyak yang lalai. 


 Untuk itu Forkopimda beserta jajaran sebagai garda terdepan dan pengawal NKRI untuk kembali menerapkan operasi yustisi pendisiplinan protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah.


"Selain itu penyebaran PMK juga mengalami peningkatan seperti yang terjadi pada dua minggu terakhir ini.Untuk itu saya minta tolong terkait capaian vaksinasi covid 19 ditingkatkan lagi. Selain itu vaksinasi baik itu dari dinas peternakan, TNI - Polri yang dilapangan agar terus dilakukan berupa upaya preventif maupun pengobatan," imbuhnya.


Dari data Dinas Kesehatan Provinsi Jatim Kapolres lebih lanjut mengatakan hingga saat ini capaian vaksinasi dosis 1 sebanyak 95 %, dosis 2 diatas 80%, dosis 3 rata - rata 17 - 20%, untuk Jatim 23%, dan saat ini ditambah vaksinasi booster tahap 2.

"Jadi saya minta tolong, kepada Babinsa, BKTM, Kades, RT, RW sebagai garda yang terdepan untuk bahu membahu untuk meningkatkan capaian vaksinasi booster dan PMK bagi hewan ternak Sapi, kerbau dan lain sebagainya," ujarnya.


Kapolres juga menandaskan, untuk bulan Agustus ini juga dicanangkan sebagai bulan Imunisasi anak secara nasional usia dibawah 5 tahun.


"Sekali lagi saya minta tolong kepada semua untuk bersinergi dalam capaian vaksinasi covid - 19 , vaksinasi PMK, bulan imunisasi anak juga ditingkatkan," tandasnya.


Sementara itu, guna menghadapi situasi kamtibmas dibulan Agustus seperti tahun baru Hijriah atau Suroan, tentunya situasi harkamtibmas juga relatif signifikan dan meningkat.

Untuk itu, Kapolres mengharap kerjasama semuanya dalam kesiap siagaan, sarana dan prasarana untuk melakukan himbauan atau sosialisasi untuk pencegahan agar masyarakat tidak bereuforia terlalu berlebihan.


Kapolres juga berpesan sebagai aparat penegak hukum, harkamtibmas, penjaga stabilitas keamanan NKRI agar  selalu memberikan yang terbaik kepada masyarakat. 


"Bertepatan dalam rangkaian peringatan HUTRI ini kami siap mendukung Pemkab untuk sama sama memeriahkan dan menjaga disiplin protokol kesehatan. Untuk itu kita semua perlu memupuk jalinan kerjasama, sinergitas yang baik di semua lini stakeholder yang ada di kabupaten Tulungagung ini," harapnya.


Ditempat yang sama, Dandim 0807 Tulungagung Letkol Czi Nooris Agus Rinanto juga menyampaikan pihaknya juga mendukung upaya semuanya dalam rangka menjaga harkamtibmas, dan stabiliatas keamanan yang kondusif agar masyarakat Tulungagung ini bisa terayomi dengan sebaik baiknya.

Untuk penyebaran covid minggu terakhir ini menurutnya memang ada interval naik turun secara fluktuatif dan itu perlu adanya pendisiplinan kembali terkait prokes di masyarakat.


"Untuk itu saya berharap kerjasama tiga pilar dilapangan lebih dioptimalkan lagi agar efektif untuk menjalankan program pemerintah," ujarnya.


Sedangkan untuk kegiatan masyarakat di bulan agustus ini Dandim juga masih menganggap itu tetap boleh dilaksanakan tetapi jangan lupa mematuhi protokol kesehatan.


"Untuk peningkatan harkamtibmas di bulan Suro ini memang ada peningkatan, jadi dengan adanya apel ini kita sama sama merefresh mengingatkan untuk bekerjasama dalam menciptakan harkamtibmas yang kondusif," pungkasnya.(Ans71 Restu)