TULUNGAGUNG – Kembali Kepolisian Resor Tulungagung, Polda Jawa Timur torehkan prestasi membanggakan.

 


Kali ini, mendapatkan penghargaan peringkat pertama (kategori Polres, pagu lebih dari 100 milyar) dari Kementrian Keuangan Republik Indonesia (Kemenkeu RI), sebagai predikat terbaik capaian Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) pada Satker lingkup Polri Tahun 2021.


Penghargaan tersebut diterima langsung Kepolisian Resor Tulungagung AKBP Handono Subiakto, SH, SIK, MH dalam Musyawarah Perencanaan dan Pembangunan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Musrenbang Polri) Tahun 2022 di ruang rapat The Tribrata, Jalan Darmawangsa  Raya, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, kemarin Selasa (14/06/22).


Penghargaan diberikan kepada Satker di lingkungan Polda, Polres Metro/Polrestabes/Polresta dan Polres yang memiliki nilai kinerja anggaran kategori sangat baik.


Penilaian tersebut melalui aplikasi  Smaet DJA T.A 2021 dengan 5 (lima) komponen penilaian yaitu : penyerapan anggaran, konsistenso atas RPD awal, konsistensi atas RPD akhir, capaian keluaran, dan efisiensi yang dikelompokan dalam 3 (tiga) kategori :


1. Satker di lingkungan Polda, pagu besar (lebih dari 100 milyar, pagu sedang (50 sd 100 milyar) dan pagu kecil (kurang dari 50 milyar)

2. Polres Metro/Polrestabes/Polresta. Pagu besar (lebih dari 150 milyar, pagu sedang (100 sd 150 milyar) dan pagu kecil (kurang dari 100 milyar)

3. Polres pagu besar (lebih dari 100 milyar, pagu sedang (50 sd 100 milyar) dan pagu kecil (kurang dari 50 milyar)


Dari 5 (lima) komponen dan 3 (tiga) kategori tersebut telah ditetapkan Polresta Tulungagung mendapatkan peringkat pertama  Kategori Polres, pagu lebih dari 100 milyar, dengan Nilai Kinerja Anggaran (NKA) kategori sangat baik.



Sementara itu, dalam keterangannya Kapolres Tulungagung AKBP Handono Subiakto, SH, SIK, MH melalui Kasihmas Iptu Anshori, SH mengatakan, adapun penghargaan yang diperoleh ialah Polres Tulungagung  mendapatkan peringkat pertama Kategori Polres, pagu lebih dari 100 milyar.


"Alhamdulillah, penghargaan ini tentunya berkat kerja semua unsur di Polres Tulungagung. Semoga ke depan Polres Tulungagung menjadi lebih baik lagi dalam mengelola anggaran dari negara," terangnya.


“Prestasi ini merupakan salah satu bukti keseriusan dan kerja nyata Polres Tulungagung dan jajaran dalam pengelolaan keuangan Negara demi terwujudnya Polri yang Presisi,” tutup Iptu Anshori. (Ans71 Restu)