Mengenang Jasa Pahlawan dan Peringati Hari Bhayangkara ke 76, Polres Tulungagung Menggelar Upacara Ziarah di TMP Rejoagung

 




TULUNGAGUNG  – Dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara ke 76 yang jatuh pada tanggal 1 juli 2022, Polres Tulungagung Polda Jatim menggelar upacara ziarah di Taman Makam Pahlawan Rejoagung Kabupaten Tulungagung,  Kamis (30/06/2022) Pagi.


Upacara Ziarah berlangsung khidmah dipimpin oleh Kapolres Tulungagung AKBP Handono Subiakto, SH, SIK, MH dan dihadiri Wakapolres Tulungagung Kompol Dodik Tri Hendro Siswoyo, SH, SIK, MIK., PJU Polres Tulungagung, Kapolsek Jajaran Polres Tulungagung dan Anggota Polres Tulungagung, Ny. dr. Nina Handono Ketua Bhayangkari Cabang Tulungagung beserta Pengurus Bhayangkari Cabang Tulungagung.


Bertindak selaku Perwira Upacara Ziarah yakni Kasat Samapta Polres Tulungagung AKP Santoso, SH sedangkan komandan upacara dijabat Kapolsek Karangrejo AKP Sudariyanto S.Sos.


Pada kesempatan tersebut, Kapolres Tulungagung meletakan karangan bunga tepat di bawah tugu monumen taman makan pahlawan sebagai bentuk penhormatan kepada arwah pahlawan yang telah gugur.


“Dengan diadakan ziarah ini diharapkan dapat membuat Polres Tulungagung mampu meneladani dan mencontoh semangat dari pahlawan dalam melaksanakan tugas sebagai pengayom, pelindung dan pelayan masyarakat,” Tutur AKBP Handono


Kapolres Tulungagung berharap anggota Polri lebih meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat, dan sebelumnya dalam menyambut HUT Bhyangkara kali ini berbagai kegiatan  Baksos dan bansor serta lomba.


“Dengan berbagai kegiatan sosial yang menyentuh langsung kepada masyarakat baik dengan kegiatan pembagian paket sembako maupun kegiatan sosial lainnya seperti gerai Vaksinasi, donor darah, sunatan masal, santunan anak yatim, santunan ke panti jompo, baksos religi serta anjangsana”ujarnya.


Ziarah ke Taman Makam Pahlawan ini rutin dilakukan pada setiap tahunnya, terutama saat menjelang perayaan Hari Bhayangkara yang diperingati tanggal 1 Juli maupun peringatan hari besar nasional lainnya.


“Upacara ziarah makam ini untuk mendoakan arwah para pahlawan dan leluhur, serta mengenang jasa para pahlawan,” tambah Kapolres


Usai peletakan karangan bunga di tugu prasasti Taman Makam Pahlawan yang dilakukan Kapolres Tulungagung, dilanjutkan pembacaan doa dan diakhiri dengan tabur bunga di makam para pahlawan oleh seluruh rombongan ziarah. (ANS71-restu)