Polsek Kedungwaru Bersama TIM Gabungan Evakuasi Pemuda yang Coba Bunuh Diri

Polsek Kedungwaru Bersama TIM Gabungan Evakuasi Pemuda yang Coba Bunuh Diri 


TULUNGAGUNG – Diduga mengalami halusinasi seorang pemuda berkebutuhan khusus di Kabupaten Tulungagung nekat menceburkan diri ke dalam sumur di rumahnya. Korban berhasil selamat setelah dievakuasi oleh tim damkar Tulungagung,TNI dan Polsek Kedungwaru, Unit INAFIS Polres Tulungagung serta Petugas Medis.

Kapolsek Kedungwaru AKP Siswanto, SH mengatakan aksi nekat korban, ZPA (20) warga Desa/Kecamatan Kedungwaru Kab. Tulungagung, diduga dilakukan pukul 05.30 WIB. Peristiwa tersebut akhirnya diketahui oleh pihak keluarga dan dilaporkan ke aparat desa dan Kepolisian.

"Korban ini adalah tunarungu, dia sekolah di SLB Tulungagung. Korban baru berhasil dievakuasi sekitar pukul 12.45 WIB," kata AKP Siswanto, Rabu (12/01/2022).

Menurut AKP Siswanto, untuk mengevakuasi korban, tim gabungan yang terdiri dari damkar, Kepolisian, TNI serta petugas kesehatan membutuhkan waktu hingga berjam-jam, sebab korban menolak dievakuasi. Awalnya petugas damkar hendak memasang alat evakuasi pada tubuh korban, namun yang bersangkutan justru memberontak.

"Kemudian ayah korban yang turun ke dalam sumur, untuk membujuk korban. Akhirnya korban menurut dan berhasil dievakuasi," jelasnya.

Saat dievakuasi kondisi korban mengalami kedinginan, bahkan tubuhnya tampak pucat. Petugas kesehatan yang berada di lokasi langsung turun tangan untuk melakukan pemeriksaan.

Dari hasil penyelidikan sementara korban diduga nekat menceburkan diri ke dalam sumur karena mengalami depresi dan halusinasi. 

"Info awal dia mengalami depresi, saat ini kami masih melakukan pendalaman," kata AKP Siswanto.

Pasca kejadian itu Kepolisian meminta pihak keluarga untuk lebih intensif dalam menjaga korban. Selain itu keluarga juga diminta menutup sumur tersebut, agar kejadian serupa tidak kembali terjadi. (NN95 - HUM RESTU )