Wakapolres Tulungagung Bersama Bupati Dampingi Menteri Tenaga Kerja RI Kunker di Tulungagung

Wakapolres Tulungagung Bersama Bupati Dampingi Menteri Tenaga Kerja RI Kunker di Tulungagung


TULUNGAGUNG – Wakapolres Tulungagung Komisaris Polisi Christoper Adhikara Lebang, S.I.K. bersama Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, M.M dan Forkopimda mendampingi Menteri Tenaga Kerja Republik Indonesia dalam Kunjungan kerjanya di Kabupaten Tulungagung, Selasa (28/12/2021).

Kedatangan Menteri Tenaga Kerja yang didampingi oleh Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Anggia Ermarini di Kabupaten Tulungagung, Menteri Tenaga Kerja RI Dr. Dra. Hj. Ida Fauziyah, M.Si dalam kunjungannya tersebut, bertujuan untuk meninjau perkembangan Balai Latihan Kerja Komunitas (BLKK) yang dibangun Kementerian Tenaga Kerja RI tahun 2019-2020. BLKK dibangun pada komunitas keagamaan maupun serikat pekerja. Dimana ada pesantren yang membutuhkan peningkatan kompetensi, maka Kementerian Tenaga Kerja RI akan membantu dan memberikan bantuan berupa sarana dan prasarananya. 

Menteri Tenaga Kerja RI Dr. Dra. Hj. Ida Fauziyah, M.Si dalam keterangannya menyampaikan, bahwa sesuai tujuan pembangunan BLKK, yaitu memenuhi pasar kerja dan menciptakan wirausahawan, yang tolok ukurnya karena mampu melahirkan wirausahawan dan merekrut tenaga kerja. Seperti misal tinjauannya pada sarana podcast di BLKK UNIPRO BISO Desa Gedangsewu Boyolangu dan bengkel sepeda motor di BLKK Sunan Kalijogo Desa Kaliwungu Ngunut. 

Lebih lanjut, menurut Menteri Tenaga Kerja RI, BLKK tersebut merupakan sarana strategis untuk melahirkan Sumberdaya Manusia (SDM) kejuruan Multimedia yang berkompeten dan menghasilkan teknisi muda sebagai service motor yang berkompeten. Dalam kesempatan tersebut, Menteri Tenaga Kerja RI Dr. Dra. Hj. Ida Fauziyah, M.Si mengapresiasi BLK Komunitas yang berada di Kabupaten Tulungagung menjadi yang terbaik diantara BLK yang telah dibangun di seluruh Indonesia. 

Seperti diketahui, sepanjang tahun 2021 Kementerian Ketenagakerjaan RI telah  membangun ribuan Balai Latihan Kerja tersebar di penjuru Indonesia. Tahun ini, BLK yang sudah dibangun ada 2127 BLK, selain itu masih ada 778 BLK Komunitas rampung bangunannya. Sehingga total BLK yang ada di Indonesia hampir 3 ribuan lebih yang telah dibangun. 

Lebih dalam Menteri Tenaga Kerja RI memaparkan, bahwa Kementerian Ketenagakerjaan membangun BLK Komunitas di seluruh Indonesia bertujuan mempersiapkan dan membekali generasi milineal dengan kompetensinya, sehingga penciptaan lapangan kerja, bukan sekedar untuk memenuhi pasar kerja tapi melahirkan entrepreneur muda yang berbakat. 

Sementara itu, Bupati Tulungagung dalam penjelasannya menyampaikan penghargaan dan apresiasi setinggi-tingginya, serta atas nama Pemerintah Kabupaten Tulungagung mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Menteri Tenaga Kerja RI Dr. Dra. Hj. Ida Fauziyah, M.Si dalam kunjungan sekaligus bantuannya dalam pembangunan BLKK di Kabupaten Tulungagung. Semoga kedepannya membawa manfaat serta dapat menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat luas.

Kegiatan Kunjungan kerja Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI di Balai Latihan Kerja Komunitas (BLKK) UNIPRO BISO Desa Gedangsewu Kecamatan Boyolangu, dan Balai Latihan Kerja Komunitas (BLKK) Pondok Pesantren Sunan Kalijogo Desa Kaliwungu Kecamatan Ngunut mendapat Pengawalan, pengamanan secara terbuka dan tertutup dari Personil Polres Tulungagung. (KOM-NN95)