Manfaatkan Handy Talky (HT), Kapolres Tulungagung Beri Arahan ke Jajaran

Manfaatkan Handy Talky (HT), Kapolres Tulungagung Beri Arahan ke Jajaran 


TULUNGAGUNG - Dengan berkembangnya teknologi saat ini, berbagai alat komunikasi yang mudah digunakan kian merebak. Salah satunya yakni Handy Talky atau biasa disebut dengan HT.

Sampai saat ini jajaran Polri masih menggunakannya unruk sarana komunikasi dinas baik dilingkungan kesatuan maupun saat dinas dilapangan.

Handy Talky (HT) atau radio komunikasi kerap digunakan Kepolisian guna mengontrol situasi terkini dari setiap satuan mulai dari tingkat Polsek sampai Polres. Selain itu adanya HT dapat memudahkan jajaran Polsek untuk meminta bantuan ( Back Up ) dari Polres. 

Kasihumas Polres Tulungagung Iptu Nenny mengatakan, untuk mendukung kelancaran komunikasi dan pergerakan di lapangan, HT sangat penting sekali dalam pelaksanaan tugas Polisi. Selain itu HT dilakukan untuk Apel Udara oleh pimpinan kepada satuan bawah yakni Kabag, kasat serta Kapolsek jajaran Polres Tulungagung, Sabtu (9/10/2021).

“Apel udara yang dimaksud adalah dengan menggunakan HT untuk melakukan pengecekan situasi kamtibmas terkini jajaran Polsek”, ujar Iptu Nenny

“Apel udara ini bertujuan untuk mengetahui informasi dari Polsek jajaran baik itu jumlah tahanan, arus lalu lintas, keadaan cuaca, dan berapa anggota yang melaksanakan piket,” lanjutnya.

Iptu Nenny juga mengatakan, tidak hannya anggota yang dilapangan bahkan Bapak Kapolres pun sering menyampaikan atensi melalui HT.

“Seperti tadi malam Kapolres Tulungagung AKBP Handono Subiakto, SH, SIK, MH menyampaikan beberpa arahan melalui HT”, ujar Iptu Nenny.

“Atensi yang pertama, Kapolres menekankan untuk pelaksanaan tugas harus dilaksaknan secara humanis dan tidak ada kekerasan kepada Masyarakat”, lanjutnya

Lanjut arahan yang kedua tentang pelaksanaan vaksin, Kapolres meminta pengoptimalan kegiatan vaksin khususnya vaksin kepada Lansia,  Kemudian tindak lanjut rencana kegiatan malam minggu, Kapolres meminta kepada jajaran Polsek dan Jajaran Opsnal agar mempersiapkan personil, sarana maupun prasarana. 

“Dalam atensi dan arahan yang disampaikan lewat HT, AKBP Handono juga mengucapkan terimakasih kepada jajaran atas pelaksanaan tugas yang sudah dilaksanakan untuk menjaga Kamtibmas diwilayah Tulungagung agar tetap terjaga”, kata Iptu Nenny 

Polri mutlak membutuhkan alat ini. Karena dengan alat ini pergerakan petugas lebih efektif sesuai perintah.

“HT dapat digunakan untuk berhubungan langsung ke semua orang dengan frekuensi yang sama. Mudah dalam penggunaan dan cepat untuk menyampaikan informasi. Selain itu tidak perlu mengetik nomor telepon serta dapat digunakan dan didengar oleh jaringan khusus yang telah di setting.

HT sangat baik digunakan dalam koordinasi kegiatan karena terhubung dengan cepat”, Pungkas Iptu Nenny (NN95)