Polsek Kedungwaru Polres Tulungagung Kawal Vaksinasi ODGJ di Desa Majan

Polsek Kedungwaru Polres Tulungagung Kawal Vaksinasi ODGJ di Desa Majan


TULUNGAGUNG - Personel Polres Tulungagung memberikan pendampingan khusus pemberian vaksin covid 19 kepada ODGJ (Orang Dengan Gangguan Jiwa). 

Polsek Kedungwaru  bekerjasama dengan UPT Puskesmas Kedungwaru Kabupaten Tulungagung secara Mobile  menyasar vaksinasi ODGJ, Kamis (26/08/2021).

Kapolsek Kedungwaru AKP Siswanto SH mengatakan, hari ini ada 5 (lima) sasaran ODGJ di Desa Majan Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung.

Vaksinasi yang diberikan dilakukan dengan cara mendatangi satu persatu rumah ODGJ (door to door)

"Jumlah ODGJ yang divaksin di Desa Majan dengan sebanyak 5 orang", terang Kapolsek

“Satu tim gabungan terdiri dari tenaga kesehatan, Bhabinkamtibmas, Babinsa dan Perangkat Desa Majan mendatangi door to door rumah ODGJ serta melakukan pendekatan kepada keluarga dan peserta vaksin", lanjut AKP Siswanto.

Tidak dipungkiri, vaksinasi ini membutuhkan keahlian khusus, petugas pun banyak menemui kesulitan karena yang dihadapi adalah orang dengan gangguan kejiwaan. 

“Alhamdulillah, vaksinasi pada lima orang  ODGJ di desa Majan seluruhnya menenuhi syarat untuk dilakukan vaksin”, ungkap Kapolsek.

AKP Siswanto menegaskan kegiatan pengamanan dan pengawalan vaksinasi pada ODGJ merupakan wujud dukungan Polri pada pemerintah dalam mendistribusikan vaksin kepada masyarakat dari berbagai kalangan.

Selanjutnya, Kapolsek mengingatkan masyarakat untuk selalu memperhatikan kesehatan diri saat beraktivitas, dengan selalu menerapkan protokol kesehatan 5 M, yakni, memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan dan mengurangi mobilitas, Pungkas AKP Siswanto. (NN95)