Polsek Kalidawir Tulungahung Kawal Vaksinasi ODGJ secara Mobile

Polsek Kalidawir Tulungahung Kawal Vaksinasi ODGJ secara Mobile

TULUNGAGUNG - Personel Polres Tulungagung memberikan pendampingan khusus pada pemberian vaksin covid 19 kepada ODGJ (Orang Dengan Gangguan Jiwa). 

Polsek Kalidawir Polres Tulungagung bekerjasama dengan UPT Puskesmas Kalidawir Kabupaten Tulungagung kembali mendatangi secara Mobile dengan menyasar vaksinasi ODGJ, Selasa (31/08/2021).

Kapolsek Kalidawir AKP Santoso, S.H. mengungkapkan hari ini sebanyak 12 ODGJ di tiga desa, Kec. Kalidawir Kabupaten Tulungagung dilakukan Vaksin sinovac tahap ke II dengan cara mobile mendatangi satu persatu rumah. 

“Satu tim di kerahkan personil gabungan terdiri dari tenaga kesehatan, Bhabinkamtibmas, Babinsa dan Perangkat Desa setempat dengan cara mendatangi satu per satu rumah ODGJ serta melakukan pendekatan ke keluarga dan peserta vaksin", ungkap Kapolsek

Tidak dipungkiri, vaksinasi ini membutuhkan keahlian khusus, petugas pun banyak menemui kesulitan karena yang dihadapi adalah orang dengan ganggunan kejiwaan. 

“Sasaran ODGJ yang divaksin Di Desa Kalidawir 2 orang, Desa Ngubalan 6 orang Desa Karangtalun 4 orang Kec. Kalidawir  dan telah memenuhi syarat dilakukan vaksinasi. Data tersebut adalah yang menjadi catatan dari Puskesmas Kalidawir,” terang AKP Santoso.

AKP Santoso menegaskan kegiatan pengamanan vaksinasi pada ODGJ merupakan dukungan Polri pada pemerintah dalam mendistribusikan vaksin kepada masyarakat dari berbagai kalangan.

Selanjutnya, Kapolsek mengingatkan mengingatkan masyarakat untuk selalu memperhatikan kesehatan diri saat beraktivitas, dengan selalu menerapkan protokol kesehatan 5 M. Yakni, memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan dan mengurangi mobilitas. (NN95)