Polsek Bandung Polres Tulungagung Kawal Vaksinasi ODGJ di Desa Suwaru

Polsek Bandung Polres Tulungagung Kawal Vaksinasi ODGJ di Desa Suwaru


TULUNGAGUNG - Personel Polres Tulungagung memberikan pendampingan khusus pemberian vaksin covid 19 kepada ODGJ (Orang Dengan Gangguan Jiwa). 

Polsek Bandung Polres Tulungagung bekerjasama dengan UPT Puskesmas Bandung Kabupaten Tulungagung secara Mobile menyasar vaksinasi ODGJ, Jumat (13/08/2021).

Kapolsek Bandung AKP Alpogohan, S.H mengatakan, hari ini sasaran ada 5 (lima) ODGJ di Desa Suwaru Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung.

Vaksinasi yang diberikan yakni dosis 2 dan dilakukan dengan cara mobile atau  mendatangi satu persatu rumah ODGJ.

"Jumlah ODGJ yang divaksin dosis 2 dari Desa Kresikan dan Desa Jengglungharjo dengan sasaran sebanyak 5 orang ", terang Kapolsek

“Satu tim gabungan terdiri dari tenaga kesehatan, Bhabinkamtibmas, Babinsa dan Perangkat Desa Suwaru mendatangi satu per satu rumah ODGJ serta melakukan pendekatan kepada keluarga dan peserta vaksin", lanjut AKP Alpho

Tidak dipungkiri, vaksinasi ini membutuhkan keahlian khusus, petugas pun banyak menemui kesulitan karena yang dihadapi adalah orang dengan gangguan kejiwaan. 

Kapolsek Bandung menerangkan, dari hasil kegiatan vaksinasi di desa Suwaru target 5 orang ODGJ, sedangkan yang bersedia di vaksin hanya 2 (dua) orang.

“Jadi vaksinasi di desa Suwaru cuma dua orang yang menenuhi syarat untuk dilakukan vaksin”, lanjut Kapolsek

AKP Alpogohan menegaskan kegiatan pengamanan dan pengawalan vaksinasi pada ODGJ merupakan wujud dukungan Polri pada pemerintah dalam mendistribusikan vaksin kepada masyarakat dari berbagai kalangan.

Selanjutnya, Kapolsek mengingatkan masyarakat untuk selalu memperhatikan kesehatan diri saat beraktivitas, dengan selalu menerapkan protokol kesehatan 5 M, yakni, memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan dan mengurangi mobilitas, Pungkas AKP Alpogohan (NN95)